Jumat, 11 Januari 2019

Filled Under:

UAMBNBK 2019

UAMBNBK 2019

Ujian akhir pada sekolah (UAN/UN) yang khusus di madrasah (MI, MTs, MA), mata pelajaran yang diujikan khusus agama islam diantaranya: PAI dan Bahasa Arab.

Ujian Nasional yang selama ini dilaksanakan oleh sekolah berciri agama  (Madrasah) mengikuti pola pada sekolah umum yang pada prakteknya  meninggalkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab sehingga madrasah seolah-olah kehilangan ruh sebagai pendidikan berciri agama.

Perlu diketahui bahwa Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tahun pelajaran ini dilaksanakan untuk tingkat madrasah tsanawiyah dan aliyah,  sedangkan madrasah tingkat ibtidaiyah tidak melaksanakan UAMBN akan tetapi melaksanakan Ujian Akhir Madrasah (UAM). Hal ini dilaksanakan seiiring dengan kebijakan tidak adanya Ujian Nasional (UN).

Dalam materi pertama Muh. Sa’idun mengungkapkan bahwa ada 4 alasan kenapa Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional  perlu dilaksanakan.  Alasan yang melatarbelakangi diperlukannya UAMBN adalah :

Pengembalian Jatidiri madrasah
Membangkitkan kembali motivasi dan semangat guru PAI dan Bahasa Arab.
Meningkatkan pengetahuan dan praktik keberagamaan siswa madrasah
Check and balance
“ UAMBN perlu dilaksanakan untuk mengembalikan jatidiri madrasah, sekolah yang bercirikan agama agar mempunyai ruh pendidikan islam”.

“Selama ini guru PAI dan Bahasa Arab seolah-olah tidak dihargai, karena tanpa lulus mapel itu pun siswa madrasah bisa lulus hanya dengan UN. Maka UAMBN ini diharapkan mambangkitakan kembali motivasi mereka.”

bahwa siswa yang benar dalam ujian tertulis dalam pokok materi shalat tetapi kesehariannya tidak sholat mestinya tidak mendapat nilai baik, bisa saja nilainya diturunkan karena basisnya adalah perilaku bukan sekedar aspek kognitif.


Kang Suliwa

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

 

Penulis Website MTs Khoiriyah Guwo by:

  • Copyright © MTs Khoiriyah Guwo™.
    Yayasan Al Khoiriyah Guwo Madrasah By Yayasan Al Khoiriyah Guwo. Desa Guwo Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati.