Jumat, 27 Agustus 2021

Cara Mencari NPSN Sekolah

Cara Mencari NPSN Sekolah

banyak dari kita yang belum tahu cara mencari NPSN dan kegunaan NPSN, nomor itu di gunakan untuk mencari dan melacak keadaan sekolah secara online kita tidak perlu jauh-jauh untuk mencari langsung kepada tujuan atau lokasinya. nah nih sekarang bisa di llihat caranya bagaimana menelusurinya : 






semoga bermanfaat.




Cara Mencari NPSN Sekolah

Kamis, 26 Agustus 2021

Untuk persiapan GLADI BERSIH ANBK 2021



Untuk persiapan GLADI BERSIH, pemutakhiran data pada web ANBK sudah dibuka, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

1.     Mengisi nama proktor dan teknisi utama

2.     Mengisi rincian komputer proktor, klien dan ruang untuk mendapatkan ID Proktor

3.     Mengecek data peserta, data yang ditarik dari BIOAN ke web ANBK adalah peserta yang sudah disampling dan generate nomor peserta

4.     Mengatur penempatan peserta ke komputer proktor/ruang, gelombang dan sesi

 

 Tanggal-tanggal Penting Gladi Bersih

Gladi Bersih AN SMA/MA/SMK/Paket C

NO.

TANGGAL

KEGIATAN

1.      

25-31 Agustus

Pemutakhiran Data Web ANBK

2.      

3-5 September

Sinkronisasi Gladi

3.      

6-7 September

Pelaksanaan Gladi AN SMA/MA/K/C gel. I

4.      

8-9 September

Pelaksanaan Gladi AN SMA/MA/K/C gel. II

 

Gladi Bersih AN SMP/MTs/Paket B

NO.

TANGGAL

KEGIATAN

1.      

25 Agustus – 6 September

Pemutakhiran Data Web ANBK

2.      

10-12 September

Sinkronisasi Gladi

3.      

13-14 September

Pelaksanaan Gladi AN SMP/MTs/Paket B gel. I

4.      

15-16 September

Pelaksanaan Gladi AN SMP/MTs/Paket B gel. II

 

Catatan:

Seluruh data untuk simulasi gelombang 1 dan 2 dipindahkan ke menu Simulasi dan masih menggunakan data per tanggal 15 Agustus 2021.

Untuk persiapan GLADI BERSIH ANBK 2021

Kamis, 12 Agustus 2021

Persiapan Perangkat Komputer Peserta KSM 2021

Persiapan Perangkat Komputer Peserta

Untuk melaksanakan proses ujian daring SNPDB 2021, para peserta ujian diharapkan dapat mempersiapkan komputer dengan kelengkapan sebagai berikut:

  1. Peserta tes harus menyiapkan Laptop/PC dengan layar minimal 12” yang berfungsi dengan baik.
  2. Dilengkapi dengan Web Camera
  3. Memiliki minimal 2GB RAM.
  4. Memiliki minimal 10GB Storage.
  5. Menggunakan Sistem Operasi Windows 8.1, atau 10. untuk Windows 7 bisa dicoba terlebih dahulu.
  6. Memiliki koneksi internet stabil minimal 2Mbps.
  7. Login dibuka pada hari pelaksanaan

Instalasi Aplikasi Peserta



Instal Aplikasi Ruang Ujian CBT KSM dengan klik 2 kali. Akan tampil sebgai berikut maka klik More info



Instalasi Aplikasi Peserta

Akan tampil detil aplikasi kemudian Run Anyway. Aplikasi yang sudah sukses terinstal akan terbuka langsung

Aplikasi Peserta

Aplikasi juga dapat dibuka melalui menu windows.


HARAP DIPERHATIKAN!

  • Peserta DILARANG membuka browser, aplikasi meeting, aplikasi remote atau terkoneksi dengan layar tambahan.
  • Aplikasi TIDAK akan terbuka atau akan tertutup otomatis jika peserta mengakses browser, aplikasi meeting, aplikasi remote atau terkoneksi dengan layer tambahan.


Login Peserta

Peserta login dengan nomor peserta dan tanggal lahir sesuai yang ada pada kartu ujian.

Beranda Peserta

Tampilan awal setelah login. Perangkat Peserta HARUS tersedia Kamera atau Webcam.



Beranda Peserta

Informasi Profil Peserta Video Pengawasan

 

Daftar Ujian

Menu Aplikasi


Foto dengan Kartu Peserta

1. Peserta WAJIB mengambil foto wajah dengan kartu ujiannya sebelum mengikuti ujian.

2. Peserta mengunggah foto dengan klik tombol hijau Ambil Foto

3. Peserta dapat mengambil foto kembali jika ada gambar yang kurang sempurna.


panduan di dwonload di : 

1. sini

2. sini

3. sini

4. sini

Persiapan Perangkat Komputer Peserta KSM 2021

Kamis, 05 Agustus 2021

CARA MENAIKAN SISWA DI EMIS 4.0 TAHUN 2021

CARA MENAIKAN SISWA DI EMIS 4.0 TAHUN 2021


 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dalam kesempatan ini mari kita dapat berbagi dalam mengerjakan Aplikasi yang telah di terbitkan Kementerian Agama RI pada madrasah. Aplikasi ini di tujukan untuk membangun database madrasah untuk datap yang lebih akurat dn akuntable. Dalam pembaruan sistem ini alangkah sudah lebih baiknya dari pada tahun sebelumnya, kini inovasi-inovasi aplikasi yang nampak sudah lebih jelas dalam penempatan alur dan ata kerjanya.

Aplikasi Emis ini yang sudah masuk pada kategori 4.0 yakni masa digitasasi yang harus semuanya berbasis digital, atau bahasa biasanya komputer lah yang harus digunakan untuk mengerjakannya. Kini nampak lebih beda dari tahun sebelumnya sudah berkemajuan yang lebih baik ada model Kelas dengan fitur kenaikan kelas berjenjang dengan di kelompokkan siswanya, begitu juga kelulusan yang sudh ada ruang tersendiri. Dan fitur mutasi yang kini langsung di aplikasikan dengan prodak surat keluar yang sudah terintegrasi dengan data siswa.

Beginilah perubahan dan penambahan pada menu Emis 4.0 ini, silahkan di simak ya kawan-kawan :

tampilan menu naik kelas


tampilan kedua menu naik kelas dengan mencentang pada kotak seles all 


setelah di klik naik kelas akan seperti ini

nah sudah selesai kliknya dan servernya mungkin rada lego



setelah siswa di naikkan maka akan terlihat kosong isi siswanya karena sudah pindah pada menu selanjutnya
 



nah ini penempatan siswa yang naik pada jenjang setelahnya.

nam demikian kawan semua untuk menyimak menu-menui pada emis baru tahun 2021. Semoga kedepannya sudah lebih baik lagi dan lagi.


   

CARA MENAIKA SISWA DI EMIS 4.0 TAHUN 2021

Selasa, 03 Agustus 2021

Cek Nomor Statistik Madrasah (NSM) Online

 Cek Nomor Statistik Madrasah (NSM) Online

 

NSM kepanjangan dari Nomor Statistik Madrasah, Nomor ini digunakan madrasah sebagai kode unik madrasah yang diterbitkan Kementrian Agama Republik Indonesia untuk kode identitas Madrasah yang terdata di data base emis secara sistematis dan terintegrasi. Nomor ini berfungsi sebagai kode madrasah, dengan NSM maka data base Madrasah pada Kemetrian Agama RI akan tervalidasi dengan mode Online. Dalam Pengerjaan Emis, NSM sangat diperlukan untuk melakukan mutasi siswa baik itu mutasi masuk maupun mutasi keluar, namun sering sekali kita kesulitan mengetahui NSM Madrasah siswa baik itu siswa  masuk maupun keluar.


Marilah kita lakukan pengecekan NSM lewat media online .

1. Awaluhu kita browse di google atau sebagainya pada Dashboard Emis dengan menggunakan link http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/

2. Than Klik Icon / menu Pencarian (Cari Data).



3. And than Search Data Madrasah yang kita tuju, dengan memilih KategoriProvinsi dan Memasukkan Nama Madrasah di Kata Kunci.

 4. dan kemudian kita Klik Tampilkan untuk melihat NSM sekolah yang kita tuju.

 


demikian semoga bisa membantu kawan-kawan yang lainnya ya.


 

Cek Nomor Statistik Madrasah (NSM) Online

CARA DAN PETUNJUK PEMBUATAN 2 VHD DI VIRTUAL BOX


 CARA DAN PETUNJUK PEMBUATAN 2 VHD DI VIRTUAL BOX

Muat 2 VHD-VDI
 
 
1.Install VirtualBox versi tebaru.
2.Pastikan sudah meng-extrak 2 VHD yang masih fresh dengan nama yang berbeda.
3.Letakkan VHD yang di extrak dalam satu folder yang sama.


Muat 2 VHD-VDI


4.Buat Virtual baru dengan Nama “Server_SMA” sesuaikan keinginan )
5.Lakukan pengaturan virtual seperti yang ada di Manual Book.

6.Setelah berhasil membuat untuk SMA/SMK, sekarang kita buat untuk SMP/MTs.
7.Sebelom membuat Virtual untuk SMP kita  harus mengubah UUID yang ada di Virtual Box.
8.Masuk ke CMD dengan tekan Windows+Rlalu ketikkan “cmd” dan Ok.



Muat 2 VHD-VDI



9.Sekarang kita arahkan ke Folder installasi VirtualBox.
10. Ketikkan pada CMD “cd c:/program files/oracle/virutalbox” tanda tanda kutip kemudian Enter.
11. Jika berhasil maka akan tertuju langsung ke folder installasi VirtualBox.
 
Muat 2 VHD-VDI
 
 
12.Sekarang ketikkan
VBOXMANAGE.exe internalcommands sethduuid ”letak VHD” Drag VHD SMP ke arah CMDContoh dibawah ini :
VBOXMANAGE.exe internalcommands sethduuid "D:\VHD\VHD_SMP.vhd"


Muat 2 VHD-VDI



14.Kemudian tekan enter dan pastikan UUID Path Berhasil.
Muat 2 VHD-VDI
 
15.Sekarang buat Virtual baru dengan Nama yang berbeda untuk SMP.
16.Arahkan VHD untuk SMP.
17.Done.
 
Muat 2 VHD-VDI

 
CARA DAN PETUNJUK PEMBUATAN 2 VHD DI VIRTUAL BOX

Minggu, 01 Agustus 2021

Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama 2021/2022

Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama

Terima kasih atas kerja sama semua pihak Menyambut pergantian semester di SIMPATIKA (Memasuki semester 1 tahun pelajaran 2021/2022), Proses SIMPATIKA akan dimulai TANGGAL 1 AGUSTUS 2021 berikut yang perlu disiapkan

 PENGAJUAN AKUN BARU DI SIMPATIKA BAGI RA/MADRASAH YANG BELUM PUNYA AKUN SIMPATIKA

  • UNDUH FORMULIR A07
  • FOTOKOPI SK & PIAGAM IJOP (SOFTCOPY+HARDCOPY)
  • PIAGAM/BERITA ACARA EMIS
  • SK KEMENKUMHAM

 PROSES GANTI KAMAD

Jika ada pergantian Kamad, yang disiapkan :

  • Unduh Formulir A09
  • Fotokopi IJOP
  • SK KAMAD
  • Berita Acara Serah Terima Jabatan (dari Kamad Lama ke Kamad Baru), mengetahui PENGAWAS
  • PIAGAM/BERITA ACARA EMIS

 PTK BARU

  • S03, S05, S07
  • FOTOKOPI LEGALISIR IJASAH S1
  • FOTOKOPI IJOP
  • SK guru dari Yayasan/Lembaga

 PROSES MUTASI

  • SM 01 (mutasi keluar) atau SM 02 (mutasi masuk)
  • Surat melepas dari Lembaga Asal
  • Surat menerima dari Lembaga yang dituju
  • SK guru dari Yayasan/Lembaga baru (Lembaga yang dituju)
  • SK Mutasi dari Kepegawaian (BAGI ASN)

 PENGAJUAN PERUBAHAN DATA PTK

  • Misal perubahan nama, NIK, tanggal lahir, no hp, dll
  • S 12a/b (BUKAN S 12d, juga bukan S12e)
  • LAMPIRAN YANG MENJELASKAN S12a/b PERUBAHAN DATA PTK(KTP/AKTA KELAHIRAN/KARTU KELUARGA/IJASAH S1/IJASAH S2/SKKENAIKAN PANGKAT,DLL)
  • S12a/b WAJIB DIAJUKAN BAGI ASN YANG ADA KENAIKAN PANGKAT/GOLONGAN UNTUKMENYESUAIKAN GAJI POKOK PADA SKAKPT(KENAIKAN GAJI BERKALA tidak perlu dimasukkan pada SIMPATIKA)

 PENGAJUAN PERUBAHAN/EDIT DATA SKAKPT

  • Misal perubahan/ edit nomer rekening TPP, NPWP
  • S 36
  • LAMPIRAN YANG MENJELASKAN S36 PERUBAHAN DATA SKAKPT (FOTOKOPI BUKU REKENING/NPWP)

 PENGAJUAN ALIH FUNGSI PTK

  • S 16
  • LAMPIRAN YANG MENJELASKAN S16

MISAL :

  • TU ALIH FUNGSI MENJADI GURU. YANG DILAMPIRKAN ADALAH SK GURU DAN IJASAH S1 
  • GURU ALIH FUNGSI DOSEN. YANG DILAMPIRKAN ADALAH SK DOSEN

 NON AKTIF PTK

KRITERIA

  • PENSIUN (Usia 60 Tahun)
  • Tidak pernah mengajar sama sekali/ tidak aktif tanpa alasan jelas
  • Sakit parah dan dinyatakan tidak bisa aktif mengajar
  • Pindah/beralih fungsi /profesi lain, misal perangkat desa, PKH
  • Meninggal Dunia
  • Diterima sebagai CPNS DIKNAS (DAPODIK/SIAGA)

PROSES SIMPATIKA

  • SM 04
  • LAMPIRAN YANG MENJELASKAN SM04 (SURAT KEMATIAN/SURAT PENGUNDURAN DIRI/SURAT KETERANGAN ALIH FUNGSI/PROFESI)

 

Setiap akun Guru dapat memonitor tahapan proses transaksi data
secara mandiri
(Contoh: SKMT & SKBK-nya secara Online Real Time )


Biodata Guru & Tenaga Kependidikan

Guru melakukan Keaktifan

  • Unggah foto
  • Cek Portofolio
  • Klik Aktifkan
  • 4)Cetak Kartu Digital

 Alur Transaksi SIMPATIKA per Semester

 


Kepala Madrasah (Admin) melengkapi Jadwal Mingguan

  • Mengisi Jurusan/Peminatan Madrasah (khusus MA)
  • Menentukan Kurikulum dan Sinkronisasi Mata Pelajaran dengan Kurikulum Nasional
  • Mengelola daftar mata pelajaran Muatan Lokal
  • Pengaturan daftar siswa

Menambah siswa

  • Set Kelas/Rombel
  • Kelola Peserta kelas (menambah peserta kelas)
  • Membuat model jadwal baru (template jadwal)
  • Edit kegiatan kelas
  • Memasukan model jadwal kedalam kelas
  • Memilih template jadwal
  • Memasukan mata pelajaran
  • Menentukan guru pengajar

 

Mengatur Jadwal Mengajar

Kepala Madrasah (Admin) mengajukan tugas tambahan Guru

  • Prosedur alih tugas tambahan untuk tugas tambahan sebagai Wakamad, Pembina Asrama, Ketua Program Keahlian, Kepala Perpustakaan, Kepala Laboratorium dan Kepala Bengkel (Output: S30a)
  • Untuk tugas tambahan sebagai Guru Piket, Ko-Kurikuler, Ekstrakurikuler menggunakan Prosedur Edit Ekuivalensi Tugas Tambahan.
  • Untuk tugas tambahan sebagai Wali Kelas menggunakan Prosedur Set Wali Kelas

 

Keaktifan Madrasah (S25)

Kepala Madrasah melakukan ajuan keaktifan kolektif (Output: S25a)

  • Mencetak ajuan kolektif (S25a)
  • Meminta setiap Guru memberikan paraf di lembar lampiran S25a sebagai tanda persetujuan isi jadwal
  • Menyerahkan lembar S25a tersebut ke Kankemenag Kab/Kota untuk mendapatkan persetujuan
  • Admin Kankemenag Kab/Kota menyetujui ajuan kolektif Madrasah (Output: S25b)
  • Guru melihat hasil final analisa kelayakan tunjangan semesterberjalan

 

SKMT - SKBK

  • Guru mengajukan SKBK/SKMT
    • Melengkapi/mengisi Surat Keterangan Melaksanakan Tugas (SKMT)
    • Melihat Rekap Perhitungan Kelayakan Tunjangan
    • Mencetak Surat untuk mencetak Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Pembelajaran/Bimbingan Dan Tugas Tertentu (SKMT)/S29a
  • Kepala Madrasah mengesahkan ajuan SKMT (S29a) guru

1) Mengisi penilaian Guru

2) Mencetak rekap hasil penilaian (lampiran S29a)

3. Guru mencetak pengantar ajuan SKBK

1) Periksa penilaian SKMT Satminkal

2) Periksa penilaian SKMT Non Satminkal (Jika ada)

3) Cetak Surat ajuan Penerbitan SKBK

4. Admin Kankemenag Kab/Kota menyetujui ajuan SKBK

1) Cetak surat persetujuan ajuan SKBK (Output: S29e)

 

SKAKPT

(Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan)

30

1. Guru mengisi data SKAKPT

1) Mengisi/mengedit data SKAKPT

2) Menjadikan data isian permanen dengan mencetak Surat

Perubahan Data Skakpt Guru (S36a untuk PNS dan S36b untuk

Bukan PNS) dan menyerahkan ke admin kankemenag kab/kota

2. Admin Kankemenag Kab/Kota menyetujui ajuan SKAKPT

1) Menyetujui dengan memeriksa perubahan data GTK dan klik

simpan

3. Guru mencetak SKAKPT yang diterbitkan setiap bulan

 

PESAN

1. PASTIKAN MASUKKAN SISWA HINGGA SETTING JADWAL

DENGAN BENAR AGAR TIDAK TERJADI BONGKAR MUATAN

(DUA KALI PEKERJAAN). SEMESTER 2 TH 20/21 ADA 16 MADRASAH (11 MI)

2. PASTIKAN ISI ABSENSI HADIR DENGAN BENAR, ALPA 0

(NOL) PALING LAMBAT AKHIR BULAN. TENGGANG WAKTU

TGL 1 BULAN BERIKUTNYA

3. BUKA BLOKIR LALAI ABSENSI DI SIMPATIKA HANYA

DIBERIKAN UNTUK DAERAH TERKENA DAMPAK BENCANA

4. SYAFA’AT BUAT YANG LALAI ABSEN SAMPE TGL 6 BULAN

BERIKUTNYA (SKAKPT IJO TGL 7)

BULAN APRIL YANG LAPOR LALAI ABSEN ADA 11 LEMBAGA

BULAN MEI YANG LAPOR LALAI ABSEN ADA 6 LEMBAGA : SIDAYU,

DUDUKSAMPEYAN, DRIYOREJO, PANCENG, KEDAMEAN, MANYAR

 

INSENTIF GBPNS (S39)

SYARAT :

1. Guru bukan PNS/ Non PNS yang masih aktif mengajar di RA atau

madrasah dan terdaftar di program SIMPATIKA.

2. Belum lulus sertifikasi guru.

3. Memiliki Nomer PTK Kementerian Agama (NPK) dan/ atau Nomer Unik

Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)

4. Aktif selama 2 tahun berturut - turut sebagai guru mengajar pada satuan

administrasi pangkal binaan Kementerian Agama.

5. Memenuhi kualifikasi akademik S-1 atau D-IV

6. Memenuhi beban kerja minimal 6 jam tatap muka di satminkalnya.

7. Bukan penerima bantuan sejenis yang dananya bersumber dari DIPA

Kementerian Agama

8. Belum memasuki usia pensiun.

9. Tidak terikat sebagai tenaga tetap pada instansi selain Madrasah

Kementerian Agama.

10. Tidak merangkap jabatan di lembaga eksekutif, yudikatif atau legistlatif.

 

 

Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama 2021/2022

 

Penulis Website MTs Khoiriyah Guwo by:

  • Copyright © MTs Khoiriyah Guwo™.
    Yayasan Al Khoiriyah Guwo Madrasah By Yayasan Al Khoiriyah Guwo. Desa Guwo Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati.